1. Pengenalan Blender dan Instalasi
a. Pengenalan Blender
Blender adalah aplikasi 3D yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dibawah GNU (General Public License). Blender dapat digunakan untuk modelling, UV unwrapping, texturing, rigging, water simulator, skining, animating, rendering, particle dan untuk membuat inrtktive 3D application termasuk game.
b. Sejarah Blender
Blender tercipta dari komunitas para pecinta animasi dari berbagai latar belakang.blender digagas oleh Ton Roosendal.
c. Instalasi Aplikasi Blender
Langkah-langkah menginstal aplikasi blender adalah sebagai berikut :
• Siapkan installer blender
• Buka aplikasi blender
• Instal aplikasi blender dan tekan next
• Pilih I Agree
• Berikan tanda √ pada semua checkbox tersebut kemudian tekan next
• Setelah keluar gambar, pilih install
• Tunggu proses instalasi sampai selesai lalu tekan finish, tunggu sampai instalasi blender selesai
2. Pengenalan Fitur Blender
Header : Menu utama blender yang terditi atas file, add, render dan help.
Viewport : Tampilan terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
Toolbar : Terdiri atas tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
Outliner : Struktur data dari objek pada blender.
Properties : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek/animasi dan bersifat dinamis mengikuti tools/objek yang sedang aktif.
Timeline : Instruksi yang terkait dengan frame animasi/ sequencer.
a. Screen Layout : Tools ini berada pada pojok kiri atas layar.
b. Splitting Windows : Pembagi tampilan lembar kerja (pojok kanan atas garis2 kecil).
c. Shortcut of Numpad : Untuk mengaktifkan file – user preferences – input - √emulate numpad.
d. Snap 3D Cursor : Tekan SHIFT+S.
e. Adding Object : SHIFT+A atau pilih add pada header menu.
f. Upaya untuk menggeser/memutar//mengubah ukuran objek
Grab/move = G
Rotation = R
Scale = S
Berdasarkan sumbe (x,y,z)
G+X = bergeser pada sumbu X
G+Y = bergeser pada sumbu Y
G+Z = bergeser pada sumbu Z
G+shift+X = bergeser pada sumbu Y dan Z karena X sudah dikunci