1. ALGORITMA
Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara
tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan
Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan
untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
2. TIPE DATA
Tipe
data adalah suatu media atau memori pada komputer yang
digunakan untuk menampung nilai.
Berikut adalah jenis – jenis dari
tipe data :
Tipe Data
|
Keterangan
|
Ukuran
|
Jangkauan
|
Char
|
Untuk
menyimpan karakte
|
1
byte
|
signed:
-128 to 127
unsigned: 0 to 255 |
Wchar_t
|
Untuk menyimpan karakter lebar
biasanya untuk unicode
|
2
byte
|
1
karakter lebar
|
Short
int (short)
|
Untuk
menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan pendek
|
2
byte
|
signed:
-32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535 |
Int
|
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan
jangkauan menengah
|
4
byte
|
signed:
-2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295 |
Long
int (long)
|
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan
jangkauan panjang
|
4
byte
|
signed:
-2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295 |
Float
|
Untuk
menyimpan bilangan cacah
|
4
byte
|
3.4e
+- 38 (7 digit)
|
Double
|
Untuk
menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda
|
8
byte
|
1.7e
+- 308 (15 digits)
|
Long
double
|
Untuk
menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda lebih detail (panjang)
|
8
byte
|
1.7e
+- 308 (15 digits)
|
Bool
|
Untuk
pernyataan true or false
|
I
byte
|
True
or false
|
3. VARIABEL
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan. Dengan kata lain variabel adalah suatu memori dengan identitas tertentu untuk menampung nilai atau informasi baik yang tetap maupun yang berubah – ubah.
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan. Dengan kata lain variabel adalah suatu memori dengan identitas tertentu untuk menampung nilai atau informasi baik yang tetap maupun yang berubah – ubah.
4. KONSTANTA
Konstanta adalah jenis identifier yang bersifat
konstan atau tetap, artinya nilai konstanta adalah tidak dapat di ubah.
Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang merupakan tetapan, misalnya nilai
phi (π), satuan dari kecepatan cahaya dan sebagainya.Identifier adalah
suatu pengenal atau pengidentifikasi yang didekralasikan agar kompiler dapat
mengenalinya. Identifier dapat berupa variabel, konstanta, fungsi,
dan kelas.